Booming Orang Kaya Indonesia | Indonesian Review

August 30, 2016       March 28, 2015      08:34You are hereEKONOMIBisnis Booming Orang Kaya Indonesia Satrio ANEKONOMIBisnisLike

102500201 Digerakkan oleh konsumsi pribadi IndonesianReview.com — Indonesia mengalami ledakan orang kaya baru. Saat berwisata, mereka mampu menyewa pesawat jet. 

Indonesia sebentar lagi akan mengalami ledakan orang kaya baru. Laju pertumbuhan jumlah orang kaya baru Indonesia hanya bisa dikalahkan oleh India. Laporan The Economist Intelligence Unit yang dipublikasikan hari Rabu (25/3/2015) mengungkapkan hal itu.

Laporan The Economist Intelligence Unit itu menjaring 32 negara. The Economist Intelligence Unit mendefinisikan orang kaya sebagai rumah tangga dengan aset keuangan sebesar US$ 100 ribu hingga US$ 2 juta, atau Rp 1,3 miliar sampai Rp 26 miliar. Kalangan yang disebut sebagai new wealth builders atau NWB ini mencakup profesional mandiri, eksekutif korporasi, serta pelaku wirausaha.

Kalau pada tahun 2014 jumlah rumah tangga NWB di Indonesia baru 240 ribu, maka tahun 2020 bertambah menjadi 1,9 juta. Total aset keuangan akan meningkat dari US$ 42,1 juta ke US$ 361,9 juta.

Menurut The Economist Intelligence Unit, sebagian besar pertumbuhan ini akan digerakkan oleh konsumsi pribadi, yang akan tumbuh 5,6% per tahun. Berkat angkatan kerja yang terlatih lebih baik, Indonesia juga bakal meraih proyek-proyek manufaktur yang dulu mengalir ke China.

Indonesia hanya kalah dari India. Pada 2020, jumlah rumah tangga NWB di India akan menyentuh 4,9 juta dari 481 ribu pada tahun 2014. Aset keuangan mereka pun akan tumbuh 10 kali lipat dari US$ 84,7 juta ke US$ 879,7 juta.

Setelah India dan Indonesia, negara-negara dengan laju pertumbuhan NWB terpesat adalah Vietnam, Thailand, dan Filipina. Namun, kawasan Asia-Pasifik masih tertinggal dari Amerika Latin, karena lemahnya pertumbuhan di Jepang.

Laporan The Economist Intelligence Unit sebenarnya tak mengherankan. Sejak beberapa tahun belakangan, beberapa lembaga riset mengungkapkan pesatnya pertumbuhan orang kaya di Indonesia.

Menurut penelitian Wealth-X mengenai orang kaya di dunia, Indonesia adalah salah satu negara yang kekayaan warganya meningkat pesat. Jumlah masyarakat Indonesia yang mempunyai kekayaan di atas US$ 30 juta (Rp 285 miliar) berjumlah 785 orang. Jumlah tersebut naik 4,7% dibandingkan jumlah tahun lalu.

Bila kekayaan tersebut dijumlah, maka ditemukan hasil US$ 120 miliar (Rp 1.100 triliun). Jumlah kekayaan orang makmur asal Indonesia tersebut naik 41,2% dibanding tahun lalu.

Anjani Febrianti adalah salah satu contoh yang masuk dalam deretan orang kaya baru. Lima belas tahun lalu, Anjani bukan apa-apa. Ia hanya sarjana kimia industri lulusan salah satu perguruan tinggi negeri di Yogyakarta. Sebulan lulus, Anjani diterima bekerja di salah satu perusahaan minyak asing yang berkantor di Jalan MH Thamrin, Jakarta Pusat. Ia pun berangkat ke Jakarta dan menjadi anak kost di kawasan Setia Budi.

Tiga tahun bekerja, ia sudah bisa membeli rumah di Vila Bintaro, Tangerang Selatan  seharga Rp 200 juta. Sehari-hari ke kantor ia naik kereta dari Stasiun Sudimara menuju Stasiun Tanah Abang. Dari stasiun ini, ia naik kendaraan umum menuju Jalan Thamrin.

Beberapa bulan kemudian, Anjani membeli mobil Honda Jazz. Tahun berganti, rumahnya pun berganti. Dari Villa Bintaro, ia membeli rumah di BSD City, perumahan de Latinos, seharga Rp 800 juta. Mobilnya pun berganti dari Honda Jazz menjadi Honda CRV.

Tak hanya itu. Kelas sosial Anjani makin ke atas setelah ia bersama suaminya membuka usaha katering dan jual beli rumah. Usaha kateringnya maju pesat. Saat ini ada 10 usaha kateringnya yang tersebar di Jakarta dan Bandung.

Kini, kehidupan Anjani terbilang mewah. Hobinya beralih dari melukis menjadi main golf. Seminggu dua kali ia rutin main golf di Pondok Indah. Liburannya juga tak hanya ke Bali dan Lombok, tapi sudah ke Singapura, Australia, bahkan ke Amerika Serikat.

Orang seperti Anjani kini jumlahnya bejibun di Indonesia. Mereka adalah generasi dengam gaji di atas Rp 35 juta setiap bulan. Maka tak begitu mengherankan, kalau ada konser artis mancanegara dengan harga tiket belasan juta rupiah, mereka langsung menyerbu. Ribuan orang juga rela antre panjang  untuk mendapatkan iPhone terbaru. Restoran fine dining sering kekurangan tempat duduk. Pengusaha muda beramai-ramai menjadi anggota kelompok kebugaran atau klub bermain golf.

Yang membuat banyak orang tercengang, kebanyakan dari mereka tak segan merogoh uang untuk menyewa pesawat jet. “Tak seperti penyewaan pesawat jet untuk kegiatan bisnis, kalangan kaya ini menggunakan pesawat untuk tujuan wisata akhir pekan sambil menikmati kemewahan pesawat,”  kata Chief Executive Officer Enggang Air Service, Donnie Armand, seperti dikutip dari CNBC.

Armand mengatakan, kalangan kaya Indonesia selama ini banyak berwisata ke kota tujuan seperti Maladewa, Phuket Thailand, dan Alice Spring di Australia.

Perusahaan yang menyewakan pesawat jet pribadi dengan 14 tempat duduk biasanya mengenakan tarif perjalanan 5 jam ke Maladewa seharga US$ 100 ribu (Rp 900 juta) atau US$ 7.100 (Rp 63,9 juta) per penumpang. 

Orang-orang kaya Indonesia ini juga pembeli terbesar properti di Singapura. Ada beragam properti yang dibeli orang kaya Indonesia di Singapura. Mulai dari town house hingga apartemen dan kondominium. Harga properti yang dibeli orang kaya Indonesia, berkisar antara 1,5 juta dolar Singapura (Sing$) sampai Sing$  5 juta. Kalau dirupiahkan, kurang lebih Rp 11,4 miliar sampai Rp 38 miliar, dengan kurs Sing$ 1 setara Rp 7.600.

Kisaran harga ini semakin menandaskan, bahwa memang hanya para orang kaya di Indonesia saja yang bisa membeli properti di Singapura. Bagi mereka, harga yang selangit itu sepertinya bukan masalah.

Menurut data Urban Redevelopment Authority (URA), atau badan perencanaan penggunaan lahan dan pemberi otoritas konservasi di Singapura, ada lebih dari 1.700 orang kaya Indonesia sebagai pemilik properti di Singapura. Jumlah ini kurang lebih 18% dari total kepemilikan properti di Singapura oleh warga negara asing, yang mencapai 9.300 unit residensial pada tahun 2011.

Busyet. 

Tag: Orang Kaya IndonesiaKonsumsi pribadiThe Economist Intelligence UnitAset Keuangan

Sumber Foto: 

data.tribunnews.comSatrio AN

Redaktur Eksekutif 234 articles

Analis IndonesianReview.com

– Berita TerkaitRupiah Jatuh, Harga Pangan Terbang Tinggi Akibat omong besar 3 months 1 week agoIndonesia a Current-Account Deficit, How Must We Do to Solve it? Problem in our current-account deficit 4 months 1 week agoRusak Tapi Jadi Panggung Gaya kampus melestarikan alam 4 months 1 week agoBerita TerbaruTarmizi A. Karim dan Harapan Masyarakat Aceh Solusi jitu yang diharapkan oleh seluruh masyarakat Aceh 3 months 1 day agoKNPB dan Pengkhianatan Suara Rakyat Papua Tukang klaim yang justru bertentangan dengan aspirasi masyarakat Papua sesungguhnya. 3 months 1 day agoRupiah Jatuh, Harga Pangan Terbang Tinggi Akibat omong besar 3 months 1 week agoRebutan Kapolri Persaingan jendral polisi 3 months 2 weeks agoDuet Maut Luhut-JokowiBisnis besar di balik Pilpres mendatang 3 months 2 weeks agoPapua Merdeka Siapa yang mewakili 3 months 2 weeks agoAkhir Petualangan Teroris SantosoMujahidin Indonesia Timur 3 months 2 weeks agoPencarianLiputan KhususInsight10 TerpopulerSeminggu/Sebulan/All TimeTweet TerbaruTweets by @IndoReviewTagsBudi Waseso   indonesian economic   Karya Ilmiah Jiplakan   Pola Rekrutmen   Teroris   serangan teroris   Industri shale oil and gas   Putusan hukuman mati   Saham Newmont   bisnis militer   Berau Coal Energy   Pekerja Asing   ekonomi meroket   pengampunan pajak   Ekonom Klasik   menteri esdm   Perlindungan TKI   El Nino   Black Monday   gaya hidup bebas   Dwifungsi ABRI   Yunani Bangkrut   Australia-Indonesia   Kebocoran Pajak 2014   Bank Sentral Eropa   pendanaan pertanian   IORA   reksa dana syariah   ICP   perombakan kabinet jokowiPenulis Previous PostINTERNATIONALDuniaNext Post Liputan Khusus

Link

Sindikasi

Shop

Apps

IndonesianReview.com Newsletter

Stay informed on our latest news!Previous issues

Menu

2015 TirtaAmarta.com. Dilindungi Hak Cipta.Indonesian Review

Aly Chiman

Aly Chiman is a Blogger & Reporter at AlyChiTech.com which covers a wide variety of topics from local news from digital world fashion and beauty . AlyChiTech covers the top notch content from the around the world covering a wide variety of topics. Aly is currently studying BS Mass Communication at University.

Leave a Reply

Your email address will not be published.