Cara Mudah Partisi Kartu Memori Micro SD Pada Android Menggunakan Link2SD Tanpa PC | Aplikasi BlackBerry – Android

.

»

»

Cara Mudah Partisi Kartu Memori Micro SD Pada Android Menggunakan Link2SD Tanpa PC

– Pasti sebagian pengguna Android belum tahu Cara Mempartisi Kartu Micro SD dengan Link2SD Pada Android Tanpa PC atau komputer. Apabila pada HP Android kamu memory nya penuh, apakah yang kamu lakukan? Menurut saya solusi terbaik adalah dengan mengumpulkan ruang sebanyak mungkin pada memori eksternal kamu yaitu Micro SD Card. Nah, sebelum membahas secara detail tentang cara mempartisi micro sd card di android, ada baiknya kamu mengetahui beberapa istilah yang digunakan pada Tutorial Android berikut ini.

Cara Partisi Kartu Memori Micro SD Pada Android Menggunakan Link2SD Tanpa PC

merupakan sebuah teknik pembacaan file dalam membagi kartu SD kamu menjadi dua bagian yang dapat membuat satu bagian bisa diakses untuk hp android (Sehingga menjadikannya sebagai memori internal) bagian lainnya disediakan untuk pengguna (sebagai media simpan file) Setelah kamu mengetahui tentang memartisi kartu memori seperti SD Card, Micro SD, Dual SD, Micro SD Duo, atau Harddisk Komputer tentu cara mempartisi memori pada umumnya sama tidak jauh berbeda.

Sistem Operasi Android memiliki banyak ruang lingkup pada pengembangan yang bisa membuat pengguna mampu mengubah sistem & membuat mereka berguna sesuai keinginan kamu. Mobiles SD Card merupakan salah satu hubungan penting yang bisa mengelola setiap kinerja dari penyimpanan file. Sehingga dapat meningkatkan fleksibilitas performa maka ada baiknya memori eksternal kamu bisa digunakan sebagai duplikasi dari memori internal. Nah, cara yang mudahnya yaitu dengan mempartisi ruang kosong di memory card kamu baik 2GB,tipe Sandisk 4GB,Toshiba 16GB USB Flash Drive,Samsung 8GB Micro SD, PNY, Kingston 32GB memori lainnya.

Sehingga timbul pertanyaan Mengapa perlu dilakukan partisi memori ?

Kali ini saya akan mengajarkan kepada kamu bagaimana

yang terkombinasi dengan aplikasi Link2SD sehingga performa RAM menjadi stabil dan efektif. Fungsi melakukan partisi memori merupakan untuk meningkatkan ROM dari setiap ponsel kamu. Mempartisi Kartu SD bertujuan untuk membuat link menyediakan akses perangkat ke partisi yang baru dibuat sehingga akan digunakan oleh ponsel sebagai memori internal. Dengan ini kamu bisa menghubungkan aplikasi yang diinstal pada memori telepon ke memory card dan membebaskan ruang internal yang lebih besar. Sehingga Ponsel Kamu menjadi lebih cepat akan ada banyak ruang yang tersedia untuk memori kamu. Membuka dokumen, menonton video youtube dan Bermain game sambil memutar musik / menonton video sambil membuka dokumen kerja kamu adalah 4 kegiatan yang bisa dilakukan secara bersamaan tanpa ada proses lambat, hangs up, lola dll.

Sehingga timbul pertanyaan lagi Bagaimana cara mempartisi micro sd untuk hp android ?

Ada beberapa teknik dengan mana kamu bisa melakukan partisi kartu SD dengan mudah. Dapat dengan mempartisi eksternal memory dengan pc atau komputer partisi tanpa pc dengan aplikasi android. Sangat berguna memiliki partisi khusus untuk memiliki Apps,lainnya untuk data kamu. Partisi swap merupakan hal yang sangat berguna untuk speed-up sistem kamu, Akan tetapi tidak pernah dapat cosiderated bagaimana tambahan memori RAM bekerja. Semua tergantung dari kecepatan class SD Card kamu. Contohnya pada memori eksternal HP Samsung Galaxy S3 saya merk Samsung Class 10 16GB H20C Micro SD. Ini menandakan pembacaan memori yang sungguh sangat cepat seketika.

Apabila kamu tahu sesuatu tentang Android, proses tutorial mempartisi ini merupakan sangat sederhana, namun, kali ini saya membuat panduan ini semudah mungkin dengan screenshot text bacaan. Kamu bisa melakukannya dengan beberapa software yang tersedia untuk PC. Software dalam mempartisi memori sd card untuk aplikasi link2sd di android yaitu Mini Tool Partition Wizard, Easeus Partition Manager, dll. Akan tetapi dalam panduan ini, saya akan menunjukkan cara untuk membuat sebuah partisi tanpa pc komputer yang downloadtan yang membosankan penggunaan yang mudah cukup menggunakan HH (Hand Helt) yaitu perangkat mobile phone kamu.

HP Android apa saja yang dapat kamu dipartisi ?

Semua HP Smartphone Android termasuk diantaranya HTC, Nexus, LG, Samsung, Vandroid, Sony Xperia, Smartfren, MITO, Beyonce, Nokia, dan beberapa tipe lain sebagainya.

REQUIREMENTS :

Aparted tersebut harus terinstall di memori internal agar tidak terjadi ERROR. Karena sebelum di partisi maka semua data di sd card (memori eksternal) kamu akan hilang. Kemudian lakukan backup data kamu di memori eksternal dengan cara copy paste ke komputer terlebih dahulu dengan Card Reader / MMC Adapter.

1. Setelah kamu selesai melakukan backup, langkah selanjutnya adalah melakukan Format Data pada SD Card kamu terlebih dahulu. Silahkan pergi ke menu Format pada Android kamu.

2. Kemudian kamu pilih Unmount SD Card caranya dengan pergi ke “setting – penyimpanan – Lepaskan Kartu Micro SD storage – unmount kartu SD” . Pada proses ini akan bekerja hanya jika kamu meng-unmount kartu SD atau kamu akan mendapatkan error jika tidak melakukan ini, bahkan micro sd kamu dapat rusak.

Lalu Pilih “OK” untuk melanjutkan proses.

3. Setelah kamu menonaktifkan fungsi dari memori sd card, selanjutnya kamu buka aplikasi aparted pilih tab “CREATE” tekan pada hijau “+ PLUS” tombol untuk membuat kapasitas baru. Kamu akan diminta untuk membuat partisi pertama. Mempartisi ini akan bisa diakses bagi pengguna sebagai penyimpanan eksternal . Kamu bisa memilih jumlah ruang sesuai dengan kebutuhan kamu. Caranya dengan menggeser penggaris warna hijau sesuai keinginan. Sebagai contoh disini, saya menggunakan 4 GB kartu SD ( 3,9 akan diakses ).

Sekarang yaitu membuat partisi pertama sebesar 2 GB . Pilih jenis tipe datanya sebagai “FAT 32″ (Primary) pilih ” APPLY CHANGES ” dengan menekan menu pilihan . Ini akan membuat partisi utama ruang yang kamu inginkan dengan menghapus semua isi kartu SD yang digunakan sebagai penyimpanan eksternal.

Selanjutnya yaitu membuat partisi kedua sebesar 1GB Pilih jenis tipe data “EXT 4” Space micro sd card ini akan digunakan untuk menampung aplikasi berjalan sehingga bisa membantu mengosongkan memori RAM kamu.

Gambar diatas hanyalah contoh, silahkan kamu beri tanda ceklis untuk membuat partisi. PART 1 adalah partisi pertama, PART 2 adalah partisi kedua, seterusnya. Disini kita hanya akan membagi sd card menjadi 3 buah bagian.

Untuk partisi terakhir silahkan buat kapasitasnya, sebesar sisa dari ruang memori yang masih tersedia biasanya secara otomatis akan ditunjukkan memori yang tersisa. Pilih tipe “Linux SWAP” pada proses ini. SWAP membantu untuk meningkatkan proses RAM. SWAP tidak perlu terlalu banyak karena dari Linux sediakan space 100 – 500 MB saja.Langkah selanjutnya, silahkan reboot devices android kamu. Setelah hp kalian melakukan proses restart secara otomatis partisi memori SD Card telah selesai berhasil dilakukan.

Setelah proses partisi sd card berhasil, maka selanjutnya adalah optimasi SWAP EXT4 pada memori kamu dengan menggunakan aplikasi Link2SD.

Sekarang, ketika kamu menginstal aplikasi, ini akan otomatis pindah ke partisi EXT4. Ingat, ketika kamu akan akan menginstal sebuah aplikasi jika anda ingin aplikasi yang diinstall tetap berada pada memori telepon, discheck “Auto Link” menginstal, setelah recheck “Auto Link”. Dengan Link2SD kamu bisa menginstal, uninstall, Link & menghapus link dari aplikasi kamu dengan mudah tanpa pc.

Baca Juga :

Demikian dulu . Selamat mencoba dan semoga bermanfaat bagi anda. Wassalam..

Artikel Popular

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *